Indonesia Bisa Kirim 24 Atlet ke Olimpiade


VIVAnews - Jumlah atlet Indonesia yang akan betarung pada Olimpiade London 2012 masih bisa bertambah. Setelah satu nama dipastikan mendapat wild card dari nomor lari jarak pendek 100 meter, Indonesia juga punya celah lain untuk menambah jumlah atletnya.

Adalah Fernando Lumain yang mendapat wild card dari nomor lari jarak pendek 100 meter putra. Dengan kehadiaran Fernando, maka jumlah atlet Indonesia yang akan bertarung pada Olimpiade nanti bertambah menjadi 18 orang--sebelumnya hanya 17 atlet.

Ketua Komisi Sport For All KOI, Ade Lukman, mengatakan jumlah ini bahkan masih bisa bertambah lagi. Sebab, hingga saat ini pihaknya masih menunggu konfirmasi dari cabang olahraga renang dan voli pantai.

Untuk renang, KOI masih menunggu empat atletnya yakni Glenn Victor, Triyadi Fauzi, I Gede Siman Sidartawa, dan Indra Gunawan. Keempat perenang ini telah lolos limit kualifikasi B di lima nomor.

"Kami masih menunggu konfirmasi keikutsertaan dari tiga lembaga yaitu Local Organizing Comittee, International Olympic Comittee, dan Federasi Internasional renang (FINA). Kami sudah mendapat email dari FINA, keempat perenang tersebut dimungkinkan untuk lolos ke Olimpiade," ujar Ade Lukman, Senin, 18 Juni 2012.

Indonesia juga masih berpotensi mengirimkan dua atlet dari cabang volley pantai yaitu Koko Prasetyo dan Ade Chandra yang hari ini merebut medali emas di ajang Asian Beach Games (ABG) 2012.

"Mereka kini berpeluang besar untuk lolos ke Olimpiade mencermati prestasi mereka di ABG sebagai kualifikasi. Kami masih terus menunggu konfirmasi dari federasi resminya," Ade menjelaskan.

Jika KOI berhasil menambah atlet dari dua cabor tersebut, maka diperkirakan jumlah atlet yang akan bertolak ke Londong bakal membengkak menjadi 24 orang. Menurut Ade Lukman, ini menyamai jumlah atlet yang diberangkatkan pada even yang sama 2008 lalu.

Sampai saat ini, Indonesia telah berhasil meloloskan 5 cabang ke Olimpiade, dengan rincian bulutangkis 9 atlet, panahan 1 atlet, angkat besi 6 atlet, anggar 1 atlet, dan atletik 1 atlet. Batas akhir pendaftaran atlet pada 9 Juli 2012. Kongtingen Indonesia sendiri rencananya akan bertolak ke London dalam dua tahap, yakni 12 Juli dan 22 Juli 2012.

"Tahap pertama akan berangkat 12 Juli 2012. Sedangkan kontingen resmi akan berangkat pada 22 Juli. Kami telah mengirimkan surat ke Presiden untuk melepas Kontingen Olimpiade," kata Ketua Kontingen Olimpiade Indonesia, Erick Thohir. (kd)

0 Comments and Thoughs for "Indonesia Bisa Kirim 24 Atlet ke Olimpiade"