Kuwertz Rebut Piala Kapolri 2012


VIVAnews – Pertandingan Piala Kapolri 2012 yang digelar hari Minggu, 27 Mei 2012, berlangsung seru. Pemenang di nomor show jumping 120cm harus ditentukan lewat babak jump off di antara tiga peserta dari total delapan starter. Pertandingan digelar di Markas Polisi Satwa Badan Pemelihara Keamanan (Baharkam), Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat.

Tiga peserta yang lolos ke babak jump off adalah Bjorn Kuwertz yang ikut serta dengan dua kuda serta Andri Prasetyono. Mereka berhasil melewati ronde pertama tanpa angka kesalahan.

Saat jump off, Kuwertz asal Jerman dengan kuda Zarrida tampil duluan. Sayang di rintangan terakhir, Zarrida menolak untuk loncat. Pada percobaan kedua akhirnya berhasil juga lolos walau harus kehilangan banyak waktu plus 4 angka kesalahan (karena menolak). Catatan waktunya 60,54 detik.

Kini giliran Andri dan kudanya 3K Cassone yang tampil. Andri memilih hati-hati dan tidak memaksakan untuk mengejar waktu. Sayang ia dan kudanya menjatuhkan satu rintangan dan akhirnya juga mendapat 4 angka kesalahan dengan waktu 50,87 detik.

Kuwertz yang tampil berikutnya dengan kuda APM Serafina akhirnya bisa tampil mulus tanpa angka kesalahan walau waktunya, 53,36 detik, lebih lambat dari yang dibukukan Andri. Hasilnya Kuwertz dan Serafina menjadi juara. Disusul Andri dan kembali Kuwertz di posisi ketiga dengan kuda Zarrida.

Piala Kapolri 2012 yang digelar untuk memperingati HUT Bhayangkara ke-66 ini masuk dalam rangkaian Pazia Grand Prix 2012 yang sudah digelar tiga pekan lalu. Ada empat kelas yang dipertandingkan mulai dari tinggi rintangan 90cm, 100cm, 110cm dan 120cm. Setidaknya 120 peserta ikut serta berebut menjadi yang terbaik.

Brigjen Machfud Arifin, Direktur Polisi Satwa Badan Pemelihara Keamanan, menilai kejuaraan kali ini sukses.  Walau hanya ada dua anggota polisi yang ikut serta, ia menganggap itu sebagai sebuah permulaan yang baik.

“Kuda-kuda yang kami datangkan dari Belanda belum sebulan bersama kami. Saya harap di masa yang akan datang akan lebih banyak lagi anggota saya yang bisa tampil,” kata Machfud.

 Machfud juga berharap kondisi lapangan yang belum ideal bisa diperbaiki saat kejuaraan yang sama digelar tahun depan.

“Tadi ada beberapa kuda yang terjatuh, untungnya tak ada cedera yang serius. Lapangan ini memang dipersiapkan dalam waktu singkat, hanya tiga minggu. Saya yakin tahun depan akan lebih baik dan lapangan indoor nantinya juga sudah bisa dipakai.” (adi)

0 Comments and Thoughs for "Kuwertz Rebut Piala Kapolri 2012"