Inovasi Nose, Langkah McLaren Agar Optimal


VIVAnews - Tim Prinsipal McLaren, Martin Whitmarsh mengatakan timnya telah melakukan modifikasi pada nose (hidung) mobil MP4-27 menjadi lebih tinggi saat timnya melakukan ujicoba hari terakhir di Mugello.

Menurut Whitmarsh, inovasi yang dilakukan timnya tidak hanya sampai di situ. McLaren akan kembali melakukan serangkaian eksperimen di Barcelona untuk mendapatkan hasil optimal di setiap seri.

Tim berada dalam momentum yang tepat untuk mengaplikasikan nose lebih tinggi. Bahkan, terobosan ini siap digunakan saat balapan di GP Spanyol akhir pekan ini. Seperti disampaikan Whitmarsh. "Ada kesempatan yang wajar. Kami akan melihatnya hari Minggu nanti. Itu akan menjadi pengalaman pertama pembalap kami saat memakainya."

"Kami mendapat umpan balik dari Mugello, sehingga kami memiliki data untuk menseting (mobil) unuk bisa menemukan performa terbaik di trek," sambung Whitmarsh tidak menyangkal, Silver Arrows mendapat begitu banyak data berharga selama sesi tes di Italia.

Whitmarsh juga mengutarakan alasannya di balik desain baru MP4-27 milik Jenson Button dan Lewis Hamilton. Analisanya, dengan nose yang lebih tinggi membantu mengalirkan angin ke bagian belakang mobil.

"Secara klasik, tentu saja Anda mencari lower-drag (hambatan rendah) dan downforce yang tinggi. Namun perlu diingat, bahwa perbaikan yang bertahap umumnya sederhana," ujar Whitmarsh.

"Dalam kasus nose dan sayap depan sangat berbeda dan ada perbedaan tipis di dalamnya. Anda harus bisa mengalirkan aliran udara ke seluruh bagian mobil," sambung bos McLaren tersebut.

"Saat ini, Anda membutuhkan perbaikan kecil yang cukup penting. Ada banyak regulasi pada  bagian belakang mobil sehingga Anda harus membenahi aliran udara dibanding mengembangkan bagian belakang itu sendiri," dia menambahkan

Optimistis tatap GP Spanyol

Beralih ke topik lain, Whitmarsh menyatakan timnya siap bertarung menatap seri ke-5 GP Spanyol. Berangkat dari data dan serangkaian progress yang didapat selama sesi tes di Mugello, dia yakin McLaren bisa tampil kompetitif di sirkuit Catalunya.

"Saya percaya kami bisa bersaing di Spanyol dan bergerak ke depan. Tetapi, Anda tidak tahu apa yang dilakukan tim lainnya. Saya pikir, hal terbesar dari olahraga ini adalah, Anda tidak bisa terlalu percaya diri memahami semuanya," ujarnya.

Kendati sulit memprediksi, Whitmarsh sama sekali tidak ragu akan kualitas MP4-27 untuk bersaing dengan para rivalnya. "Jelas, kami memiliki mobil yang mampu bersaing di baris terdepan dalam empat balapan. Pada dasarnya kami memiliki kecepatan dan pekerjaan kami membangun mobil terus berkesinambungan," bilang Whitmarsh.

"Kami memiliki data yang menarik selama sesi tes di Mugello. Kemudian, kami akan melihatnya di Barcelona. Tetapi kami berharap bisa menempatkan pengetahuan yang kami miliki dengan tepat," tuturnya mengakhiri. (eh)

0 Comments and Thoughs for "Inovasi Nose, Langkah McLaren Agar Optimal"