Ferry Juara Kualifikasi World Cup Seri I


VIVAnews - Ferry Wahyu Hadiyanto membuktikan diri sebagai salah satu rider  jumping top Indonesia. Ferry yang menunggang Zandor, sukses keluar sebagai juara Kualifikasi World Cup Liga Asia Tenggara Seri I yang yang juga menjadi nomor puncak di Pazia Indonesian Grand Prix 2012.

Pertarungan memperebutkan gelar juara pada pertandingan yang digelar di Arthayasa Stables, Depok, Jawa Barat, berlangsung sengit. Dua rider (penunggang kuda) yakni Ferry dan Adi Katompo, yang menunggang 3K Lund Star, sama-sama menyelesaikan ronde pertama tanpa angka kesalahan (clear round). Sang pemenang di pertandingan hari Minggu, 13 Mei 2012, harus ditentukan lewat babak jump off.

Adi dapat giliran pertama. Sayangnya Lund Star menjatuhkan rintangan terakhir di babak jump off dan dengan catatan waktu 40,91 detik. Ferry yang tampil kemudian kembali mencatatkan clear round. Ia pun sukses menjadi juara walau catatan waktunya lebih lambat yakni 42,68 detik.

"Pertandingan yang berat, baru minggu lalu saya berpasangan dengan Zandor. Terima kasih atas kepercayaan dari pemilik kuda dan pelatih kepada saya. Di seri berikutnya (minggu depan) saya akan berusaha untuk bisa tampil lebih baik lagi," kata Ferry.

Ferry dan Zandor baru berpasangan pada Sabtu pekan lalu. Zandor, kuda milik Adinda Yuanita, saat SEA Games 2011 berpasangan dengan Ardi Hapsoro Hamidjojo. Kemudian, awal tahun 2012 sempat ditunggangi Putri Hamidjojo sebelum akhirnya beralih ke Ferry.

Tampil sebagai juara ketiga di Kualifikasi World Cup Liga Asia Tenggara Seri I ini adalah Brayen Brata-Coolen yang menunggang Chris de Rose. Brayen mengoleksi 8 angka kesalahan.

Tinggi rintangan pada Kualifikasi World Cup Liga Asia Tenggara Seri I adalah 140cm-145cm. Sebuah tantangan yang baru bagi atlet Indonesia. Di SEA Games 2011 saja, babak final perorangan tinggi rintangan maksimalnya 140cm. Hasil dua atlet yang mampu clear round di Kualifikasi World Cup Liga Asia Tenggara Seri I adalah pencapaian yang luar biasa. Hal ini dikatakan oleh Pieter Jan Berker, pelatih Indonesia asal Belanda.

"Dua clear round membuktikan sebuah kemajuan yang pesat. Baik itu atlet dan juga kudanya. Saya sangat bangga pada mereka," kata Jan Berker.

Dengan hasil ini, Ferry mengoleksi 9 poin. Adi dengan 6 poin ada di posisi kedua klasemen sementara Kualifikasi World Cup Liga Asia Tenggara Seri I. Menyusul di belakang Brayen (4), Ardi Hapsoro Hamidjojo (2) dan Denis Christian Sanjaya (1).


Ferry Wahyu Hadiyanto dan Zandor

Yuliasiane Sulistiyawati, event director yang juga merupakan sponsor kejuaraan ini, merasa sangat bangga dengan hasil yang diraih Ferry dan Adi. "Ini menandakan perkembangan olahraga berkuda di Indonesia sudah semakin maju. Tahun lalu saja untuk kelas 120cm pesertanya tak banyak. Tapi sekarang kelas 140cm sudah diikuti lima hingga enam peserta. Saya bangga dengan fakta ini," kata Yuliasiane.

Seri II akan digelar 20 Mei 2012 juga di Arthayasa. Total dari 9 seri, Indonesia menggelar tiga yang pertama. Tiga berikutnya dimainkan di Malaysia dan tiga terakhir di Thailand.

0 Comments and Thoughs for "Ferry Juara Kualifikasi World Cup Seri I"